Article

Blog Entry



Bandeng Kropok Semarang


Bandeng Kropok Semarang, merupakan salah satu makanan khas Semarang. Kali ini kami ada kesempatan untuk mencoba seperti apa sih cita rasa bandeng kropok yang terkenal dari Semarang. Dan memang baru kali ini kami akan mencicipi bandeng kropok Semarang.

Kami coba memilih lokasi yang lain dari biasanya yaitu pemancingan dan tempat makan Victory yang berada di pinggir laut pantai Utara Semarang. Tepatnya di  jl. Puri Anjasmoro BI B N-1 no. 56, Semarang. Mungkin bagi yang belum pernah agak sulit untuk menemukan lokasi ini, tapi jangan khawatir banyak orang di sekitar daerah Puri Anjasmoro yang bisa ditanya, karena wilayah itu memang ada sedikitnya 5 tempat sejenis.

pemancingan victory semarang

 

Pemancingan dan rumah makan Victory didirikan di atas kolam besar di pinggir laut pantai Utara Semarang, kolam besar ini sepertinya tambak karena beberapa kali saya melihat orang lalu lalang dengan hasil mancing di kolam tersebut berupa ikan bandeng yang lumayan besar-besar ukurannya. Walaupun tempat ini juga menjual ikan air tawar seperti gurami dan lele, tapi kemungkinan tidak seluas kolam untuk ikan bandeng.

Cukup banyak pengunjung yang tidak hanya sekedar makan tetapi juga memuaskan hobi memancing mereka. Dilihat dari peralatan memancing yang cukup lumayan dan sepertinya bukan menyewa di tempat itu, meskipun pemancingan Victory juga menyediakan alat pancing dengan sewa Rp. 6.000,-

pemancingan victory semarang

 

 

bandeng kropok semarang

 

Menu yang ditawarkan di pemancingan Victory tidak terlalu banyak macamnya (IMHO) pastinya menu andalan adalah olahan ikan seperti ikan gurami, ikan bandeng, ikan lele, cumi-cumi, udang, kerang, srimping, juga tersedia menu ayam dan sayuran.

Bandeng kropok Semarang jadi pilihan pertama kami, karena rasa penasaran bagaimana sih cita rasa bandeng kropok Semarang yang terkenal sebagai makanan khas Semarang itu, kemudian tadinya kami ingin memilih kerang rebus tapi akhirnya teringat bahwa srimping lah yang menjadi khas Semarang juga. Dengan tambahan menu diluar dunia ikan yaitu ayam goreng, karena ternyata teman saya alergi makan keluarga ikan.

Bandeng kropok Semarang bercitarasa manis pedas, walaupun masakan di Victory bagi saya kurang nendang pedasnya, ini juga saya rasakan pada sambal terasi yang tersajikan. Untuk srimping hampir mirip dengan rasa kerang, sayangnya disajikan dingin hingga kurang nikmat disantap. Untuk ayam gorengnya biasa saja ga ada yang istimewa.

Untuk harga standar atau kalau saya boleh bilang agak sedikit mahal untuk olahan yang biasa-biasa saja. Kisaran per kg ikan-ikannya seperti di tempat makan lainnya, info untuk yang kami pesan hari itu harga bandeng kropok Rp 35.000,-/kg, untuk srimping  Rp 10.000,- per porsi, ayam goreng Rp 20.000,- per porsi, sambal Rp 2.000,- nasi putih 1 bakul Rp 10.000,-

Minumannya kami tidak memilih yang istimewa hanya teh saja, saya sempat melirik harga kelapa muda utuh seharga Rp. 20.000,- padahal di tempat makan lain hanya Rp. 15.000,- dan di warung pinggir jalan bisa didapatkan hanya dengan harga Rp. 7.000,- saja.

Bagi yang memang berencana refreshing dan memancing mungkin tempat ini bisa menjadi pilihan, tetapi untuk penggemar kuliner cita rasa masakannya bukanlah sesuatu yang istimewa.

 

Tags: , , , , , , , , ,


Leave a Reply