Article

Blog Entry



Es Gempol Semarang


Beranjak dari Martabak Ufo, kami bertiga menuju Masjid Agung Jawa Tengah untuk solat ashar. Setelah istirahat sejenak sambil menikmati keindahan Masjid Agung, kami melanjutkan perjalanan ke Kota Lama Semarang, dan berhenti sejenak di Gereja Blenduk (resmi : St. Emanuel). Selayaknya turis, kami mengambil beberapa gambar sambil menunggu Mbak Lala, satu lagi teman di Semarang yang akan bergabung di sisa perjalanan kami.

Turun dari mobil, kami melihat gerobak Es Gempol, dan memesan 3 mangkok. Bagi yang belum pernah tahu apa itu es gempol, es gempol adalah minuman yang di dalamnya terdapat bola-bola yang terbuat dari tepung beras, sehingga membuat kita tak hanya melepas dahaga namun juga bisa sebagai pengganjal perut sementara. Selain itu es Gempol biasanya juga dilengkapi dengan apa yang disebut sebagai Plered yang terasa manis dan kenyal karena terbuat dari tepung ketan dan gula Jawa, dan biasanya berbentuk seperti kantung-kantung kecil.

Lama sekali saya tidak merasakan kesegaran es gempol Semarang. Namun mungkin karena sudah menjelang magrib dan udara tidak lagi panas, kesegarannya terasa kurang. Setelah Mbak Lala datang, kami membayar Rp. 12.000,00 untuk 3 mangkok es dan segera bergegas menuju pemberhentian selanjutnya.

es gempol

es gempol

Tags: , , ,


Leave a Reply